Analisis Semiotika Pesan Perundungan Pada Anak Difabel Dalam Iklan Biskuat My Buddy

Irhamna, 170401110 (2022) Analisis Semiotika Pesan Perundungan Pada Anak Difabel Dalam Iklan Biskuat My Buddy. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Semiotika Pesan Perundungan  Pada Anak Difabel Dalam Iklan Biskuat My Buddy] Text (Analisis Semiotika Pesan Perundungan Pada Anak Difabel Dalam Iklan Biskuat My Buddy)
Irhamna, 170401110, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Pesan Perundungan Pada Anak Difabel dalam Iklan Biskuat My Buddy”.Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pesan perundungan serta pesan moral yang bisa dilihat pada anak difabel dalam iklan BiskuatMy Buddy.Makna yang terdapat dikemas berdasarkan kehidupan bersosial yang diangkat dari kehidupan nyata serta dapat kita temui di lingkungan sosial saat ini, dan penelitian ini menggunakan teori semiotika dengan metode kualitatif.Semiotika merupakan suatu ilmu atau metode untuk mengkaji sebuah tanda, berupa perangkat atau simbol yang kita gunakan dalam hubungan manusia.Dengan pendekatan teori Semiotika diharapkan dapat diketahui dasar keselarasan antara tanda verbal dan non verbal untuk mendukung kesatuan didalam sebuah iklan. Pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang meneruskan pemikiran tersebut yang dikenal dengan istilah “order of signification”. Two orders of signification (signifikasi dua tahap atau dua tatananan pertandaan) Barthes terdiri dari first order of signification yaitu denotasi, dan second orders of signification yaitu konotasi. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka.Unit analisis yang dipakai adalah setiap gambar yang ada pada keseluruhan.Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa dengan adanya produksi iklan yang memberi makna seperti iklan biskuat versi my buddy ini, dapat menyadarkan sebagian manusia untuk dapat memberikan nilai dan bersikap layak sekalipun terhadap penyandang difabel. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pesan perundungan pada anak difabel dan makna pesan kesenjangan sosial yang terjadi dalam iklan biskuat versi my buddy mengkaji semiotika pada teori Roland Barthes dengan menekankan konsep-konsep yang dikembangkan nya yaitu makna denotasi, konotasi, dan mitos serta diimplementasikan kedalam judul yang diteliti oleh penulis, maka dapat diketahui bahwa bagaimana pesan perundungan dan makna pesan kesenjangan sosial yang terjadi pada anak difabel dalam iklan biskuat versi my buddy. Serta ada beberapa dampak pula yang turut ada dalam hasil penayangan iklan ini, tentang bagaimana. mental health seseorang yang mengalami perundungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Irhamna Irhamna
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:04
Last Modified: 29 Nov 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24424

Actions (login required)

View Item
View Item