Pengaruh Literasi Keuangan Dan Finansial Teknologi Berbasis E-Money Terhadap Minat Belanja Dalam Tinjauan Maqashid Syariah

Andini Ulya, 180602161 (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Dan Finansial Teknologi Berbasis E-Money Terhadap Minat Belanja Dalam Tinjauan Maqashid Syariah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Literasi Keuangan Dan Finansial Teknologi Berbasis E-Money Terhadap Minat Belanja Dalam Tinjauan Maqashid Syariah] Text (Pengaruh Literasi Keuangan Dan Finansial Teknologi Berbasis E-Money Terhadap Minat Belanja Dalam Tinjauan Maqashid Syariah)
Adini Ulya, 180602161 , FEBI, ES, 082358860692.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Minat belanja mahasiswa/I prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh tentu dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal. Tinggi rendahnya minat belanja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi keuangan dan finansial teknologi berbasis e-money dapat mempengaruhi minat belanja terhadap mahasiswa/I prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 88 responden yaitu mahasiswa prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry dengan menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan kuesioner melalui google form. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari analisis secara parsial dan simultan pengaruh literasi keuangan dan finansial elektronik berbasis e-money berpengaruh terhadap minat belanja dengan nilai signifikansinya masing-masing variabel sebesar 0,000 dan 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 74,4% sedangkan sisanya 25,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Penggunaaan kartu pembayaran elektronik ini merupakan pilihan bagi masyarakat, khususnya mahasiswa untuk menilai sebuah tawaran gaya hidup, menerima atau menolak sesuai dengan kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Finansial Teknologi, Electronic Money , Minat Belanja, Maqashid Syariah.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Andini Andini Ulya
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:09
Last Modified: 29 Nov 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24426

Actions (login required)

View Item
View Item