Partisipasi Masyarakat Dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Aceh Tamiang

Devina, 180802119 (2022) Partisipasi Masyarakat Dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Aceh Tamiang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)] Text (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL))
Devina, 180802119, FISIP, IAN, 082274223557.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Tamiang memiliki bidang tanah keseluruhan Tahun 2020 terdapat 114.217 bidang tanah. Namun, dari jumlah tersebut sebanyak 54.217 bidang tanah telah terdaftar dan sisanya sejumlah 60.000 bidang tanah yang belum memiliki sertipikat sehingga kepemilikan surat tanah masih rendah dibawah 50%. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana partisipasi masyarakat dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan untuk melihat mengapa rendahnya minat masyarakat dalam kepemilikan Sertipikat Tanah pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian bahwa partisipasi masyarakat pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Aceh Tamiang masih rendah namun masyarakat sudah mengetahui apa manfaat dari kepemilikan sertipikat tanah. Terdapat kendala pada masyarakat seperti biaya, ketidaksesuaian pembiayaan dalam pengukuran antara di lapangan dan di instansi, masyarakat belum memiliki surat dasar tanah, surat dasar tanah masyarakat di bank, surat asli tanah masyarakat hilang, mekanisme yang panjang dan kurang antusias karena masyarakat kurang percaya dengan instansi terkait. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Aceh Tamiang sudah berjalan sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Nomor 6 tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, namun hanya ada beberapa hal yang harus ditinjau agar dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Aceh Tamiang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Devina Vina
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:08
Last Modified: 30 Nov 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24430

Actions (login required)

View Item
View Item