Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Tema 3 Subtema 3 Kelas LV Di MIN 12 Aceh Tengah

Dewi Sartika, 170209021 (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Tema 3 Subtema 3 Kelas LV Di MIN 12 Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Tema 3 Subtema 3 Kelas LV  Di MIN 12 Aceh Tengah] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Tema 3 Subtema 3 Kelas LV Di MIN 12 Aceh Tengah)
Dewi Sartika, 170209021, FTK, PGMI, 081216123714.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis PJBL pada penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan LKPD yang tersedia masih belum dilakukan secara sempurna dari segi pengembangan dan penggunaannya. Sehingga peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya sumber belajar, sehingga peserta didik kesulitan memahami materi yang diajarkan. Rumusan penelitian adalah bagaimanakah pengembangan dan penggunaan LKPD berbasis PJBL, bagaimanakah uji kelayakan terhadap LKPD berbasis PJBL, dan bagaimanakah respon guru dan respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan dan penggunaan LKPD berbasis PJBL, untuk mengetahui respon guru terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD), dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD). Metode penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui lembar validasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PJBL yaitu melakukan analisis, perancanagan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, penggunaan LKPD berbasis PJBL dengan menggunakan langkah-langkah dari model PJBL. Hasil kelayakan diperoleh dari ahli materi 77.50% kategori layak, ahli media diperoleh 92.63% kategori sangat layak. Respon guru diperoleh 96% dikategorikan sangat tertarik, dan respon peserta didik diperoleh 87.42% dikategorikan sangat tertarik. Dengan demikian Lembar kerja peserta didik berbasis project based learning pada tema 3 subtema 3 layak digunakan pada kelas IV MIN 21 Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Sartika
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:43
Last Modified: 30 Nov 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24437

Actions (login required)

View Item
View Item