Analisis Skill Guru Dalam Penggunaan Software Microsoft Office

Nora Rizkina, 180212021 (2022) Analisis Skill Guru Dalam Penggunaan Software Microsoft Office. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Skill Guru Dalam Penggunaan Software Microsoft Office] Text (Analisis Skill Guru Dalam Penggunaan Software Microsoft Office)
Nora Rizkina, 180212021, FTK, PTI, 085260450738.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis tingkat keterampilan/skill guru dalam penggunaan software microsoft office serta mengetahui kendala dalam peningkatan skill guru di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Data yang diperoleh dianalisis oleh peneliti dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi ganda menggunakan software SmartPLS 3. Sesuai hasil penelitian, diperoleh tingkat skill guru pada pemakaian software microsoft office. Untuk pemakaian aplikasi microsoft word persentase guru sebesar 70,59% dengan kategori “Baik”. Selanjutnya tingkat skill guru dalam menggunakan microsoft excel memiliki persentase 61,80% sudah dalam kategori “Baik” pula. Sedangkan pada penggunaan Powerpoint tingkat skill guru masih dalam kategori “Cukup Baik” dengan persentase 58,59%. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan menolak hipotesis nol (Ho), artinya usia (X1), fasilitas TIK (X2) dan diklat (X3) berpengaruh signifikan terhadap tingkat kompetensi guru (Y). Karena itu, dapat disimpulkan faktor kendala yang dihadapi oleh guru MAN 4 Aceh Besar terhadap peningkatan skill dalam penggunaan software microsoft office ialah faktor usia guru, ketersediaan fasilitas TIK yang memadai, serta pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diikuti oleh guru untuk meningkatkan skill dan kompetensinya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Nora Rizkina
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:49
Last Modified: 30 Nov 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24443

Actions (login required)

View Item
View Item