Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Konsumen Pada UMKM Kampung Aree, Pidie

Raizatul Hilma, 170602196 (2022) Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Konsumen Pada UMKM Kampung Aree, Pidie. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Konsumen Pada UMKM] Text (Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Konsumen Pada UMKM)
Raizatul Hilma, 170602196, FEBI, ES, 082237619125.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Etika merupakan disiplin ilmu yang memuat norma-norma ilmiah yang memberikan dasar atau standar tentang hal yang benar atau salah, hal yang baik atau buruk, begitu juga dengan hal yang bermanfaat atau merugikan. Etika bisnis adalah suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh para pelaku bisnis. Etika bisnis meliputi jujur dalam menjelaskan kondisi barang, ihsan atau berperilaku ramah tamah dalam melayani konsumen, serta adil dalam menimbang barang juga tidak membedakan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh kejujuran terhadap loyalitas konsumen UMKM Kampung Aree, Pidie, 2) Pengaruh keramahan/Ihsan terhadap loyalitas konsumen UMKM Kampung Aree, Pidie, 3) Pengaruh keadilan terhadap loyalitas konsumen UMKM Kampung Aree, Pidie dan 4) Pengaruh kejujuran, keramahan/ihsan dan keadilan akan terhadap loyalitas konsumen UMKM Kampung Aree, Pidie. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner dan obsevasi, serta metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kejujuran (X1) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y), variabel keramahan/ihsan (X2) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y) dan variabel keadilan (X3) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y) di kampung Aree, Pidie.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Raizatul Hilma Hilma
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:48
Last Modified: 30 Nov 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24444

Actions (login required)

View Item
View Item