Penerapan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di SMAN 1 Kembang Tanjong

Zuraida, 180212014 (2022) Penerapan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di SMAN 1 Kembang Tanjong. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di SMAN 1 Kembang Tanjong] Text (Penerapan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di SMAN 1 Kembang Tanjong)
Zuraida, 180212014, FTK, PTI, 082223625661.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kimia yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang suatu sifat, struktur, susunan serta perubahan materi dan energi. Pembelajaran kimia disekolah membutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat siswa. Media pembelajaran yang dapat diimplemetasikan adalah media pembelajaran berbasis game based learning. Penelitian ini bertujuan untuk penerapkan Kahoot sebagai media pembelajaran berbasis games based learning untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran kimia di SMAN 1 Kembang Tanjong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunkaan one group desain. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket minat siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 3 kelas yaitu kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3 dengan total siswa berjumlah 103 siswa. Data penelitian ini di hitung menggunakan angket minat siswa sebelum dan sesudah penerapan Kahoot. Berdasarkan hasil perhitungan data angket minat belajar sebelum penerapan diperoleh hasil hitung nilai presentase adalah 59,62% dengan kategori “cukup”. Sedangkan hasil nilai angket setelah penerapan diperoleh hasil persentase yaitu 84,16% sehingga termasuk dalam kategori “sangat bagus”. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media pembelajaran berbasis game based learning menggunakan aplikasi Kahoot dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Kimia di SMAN 1 Kembang Tanjong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Zuraida Zuraida
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:49
Last Modified: 30 Nov 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24445

Actions (login required)

View Item
View Item