Pembuatan Dan Karakterisasi Membran Poliuretan (Pu) Dari Minyak Biji Jarak (Ricinius Communis L) Dengan Kombinasi Silika (SiO2)

Miratul Khairi, 170704012 (2022) Pembuatan Dan Karakterisasi Membran Poliuretan (Pu) Dari Minyak Biji Jarak (Ricinius Communis L) Dengan Kombinasi Silika (SiO2). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Pembuatan Dan Karakterisasi Membran Poliuretan (PU) Dari Minyak Biji Jarak (Ricinius Communis L) Dengan Kombinasi Silika (SiO2)] Text (Pembuatan Dan Karakterisasi Membran Poliuretan (PU) Dari Minyak Biji Jarak (Ricinius Communis L) Dengan Kombinasi Silika (SiO2))
Miratul Khairi, 170704012, FST, PKM, 081362128507.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Minyak biji jarak (Ricinus Communis L) dapat dimanfaatkan untuk pembuatan membran poliuretan (PU) yang direaksikan dengan toluena diisosianat (TDI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh silika dan karakterisasi membran PU dari minyak biji jarak dengan kombinasi silika (SiO2) 0.5 mg, 1 mg, 1.5 mg, dan 2 mg. Pembuatan membran PU menggunakan metode inversi fasa. Hasil dari karakterisasi uji swelling, variasi
1.5 mg menghasilkan nilai yang optimal sebanyak 200%. Begitu juga untuk karakterisasi ketahanan bahan kimia variasi 1.5 mg yang optimal. Dari hasil karakterisasi uji swelling dan ketahanan bahan kimia dilakukan karakterisasi pada FTIR, termal (TGA), mekanik (uji tarik), dan SEM. Hasil karakterisasi FTIR membran PU-silika variasi 1.5 mg menunjukkan terdapat gugus Si-O dan gugus amina (NH2) dan pada membran PU-non silika terdapat gugus OH, C=O dan NH. Pada karakterisasi termal membran PU-silika variasi 1.5 mg menghasilkan residu sebanyak 3.2% sedangkan membran PU-non silika 1.8%. Pada karakterisasi mekanik membran PU-silika variasi 1.5 mg memiliki nilai elongasi yang lebih tinggi dibandingkan membran PU-non silika. Pada karakterisasi SEM membran PU-silika variasi 1.5 mg memiliki pori-pori dan jenis membran padatan, sedangkan membran PU-non silika tidak memiliki pori-pori, homogen dan jenis membran berupa padatan (dense).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Miratul Khairi
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:02
Last Modified: 30 Nov 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24451

Actions (login required)

View Item
View Item