Analisis Pengaruh Faktor Motivasi Berwirausaha, Lingkungan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Mahasiswa UIN Ar-Raniry Prodi Ekonomi Syariah)

Dessy Sri Ramadhani, 180602176 (2022) Analisis Pengaruh Faktor Motivasi Berwirausaha, Lingkungan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Mahasiswa UIN Ar-Raniry Prodi Ekonomi Syariah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor Motivasi Berwirausaha, Lingkungan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah] Text (Faktor Motivasi Berwirausaha, Lingkungan, dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Syariah)
Dessy Sri Ramadhani, 180602176, FEBi, ES, 082292973218.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat minat berwirausaha di kalangan anak muda. Tujuan penelian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor motivasi berwirausaha, lingkungan, dan pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh khususnya pada Prodi Ekonomi Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji chi - square. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-T dan uji-F dengan tingkat signifikan 5%. Hasil analisis uji simultan menunjukkan bahwa motivasi, lingkungan, dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, sedangkan uji parsial tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha sedangkan hasil uji parsial variabel lingkungan berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 32,3 % sedangkan sisanya 67,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini seperti kreativitas, inovasi, kepribadian, kecerdasan emosional, sikap mandiri dan lainnya. Hasil pengujian chi–square menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara asal keluarga dari wirausahawan/non wirausahawan, membuktikan bahwa asal keluarga sangat mempengaruhi minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dessy Sri Ramadhani Dessy
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:01
Last Modified: 30 Nov 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24452

Actions (login required)

View Item
View Item