Problematika Orang Tua Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Cinta Ananda Banda Aceh

Zhahratul Jannah, 170210053 (2022) Problematika Orang Tua Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Problematika Orang Tua Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Cinta Ananda Banda Aceh] Text (Problematika Orang Tua Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Cinta Ananda Banda Aceh)
Zhahratul Jannah, 170210053, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Masa pandemi Covid-19, kegiatan Pembelajaran dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini hingga perguruan tinggi dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Proses pembelajaran daring memerlukan Kerjasama antara Orang tua dan peserta didik agar proses pembelajaran dapat berlangsung dan terlaksanakan. Orang tua yang membimbing Anak selama belajar dirumah dan menggantikan sebagai guru disekolah, sehingga sangat penting peran Orang tua dalam membimbing dan mendidik agar tercapainya tujuan pembelajaran daring selama Anak belajar dirumah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dan Solusi Orang tua dalam Pelaksanaan pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 di Tk Cinta Ananda Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, yaitu dengan subjek penelitian 8 orang tua wali murid di Tk Cinta Ananda Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi beberapa orang tua. Dalam menganalisis data, menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Dengan cara menggambarkan, meringkas, menganalisis sesuai dengan berbagai kondisi dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada 12 kendala orang tua dari problematika orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19, yaitu: dalam Memotivasi, mendukung, Membimbing dan Mendidik, menumbuhkan minat dan bakat anak, menggantikan guru selama pembelajaran daring, kegiatan pembelajaran daring, jaringan internet, kouta internet, memanfaatkan kouta internet, memberikan pemahaman tugas materi kepada anak, komunikasi orang tua dengan guru. Dan 4 solusi yang didapat dari problematika orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19, yaitu: solusi memotivasi, solusi menggantikan guru selama pembelajaran daring, solusi terhadap melatih sikap dan mental anak, solusi dalam memfasilitasi pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Zhahratul Jannah Zhahra
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:14
Last Modified: 30 Nov 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

View Item
View Item