Hubungan antara Regulasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir UIN-Ar-Raniry Banda Aceh

Ulfa Rauzana, 160901131 (2022) Hubungan antara Regulasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir UIN-Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja] Text (Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja)
Ulfa Rauzana, 160901131, FPSI, PSI, 082365268315.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Regulasi diri merupakan suatu proses pengelolaan diri atau upaya diri untuk mengendalikan pikiran, perasaan dan tingkah laku dalam rangka mencapai tujuan. Kecemasan merupakan rasa takut atau khawatir pada situasi tertentu yang sangat mengancam yang dapat menyebabkan kegelisahan karena adanya ketidakpastian dimasa mendatang serta ketakutan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Menurut Kesici & Erdogan kecemasan dapat mempengaruhi regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode uji korelasi dengan uji product moment. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala regulasi diri dan skala kecemasan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 336 mahasiswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r = -0,944 dengan p = 0,000 yang menandakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir UIN Ar-Raniry Banda Aceh artinya semakin tinggi regulasi diri maka semakin rendah kecemasan menghadapi dunia kerja, sebaliknya semakin rendah regulasi diri maka semakin tinggi kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Ulfa Rauzana Ulfa
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:10
Last Modified: 01 Dec 2022 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24455

Actions (login required)

View Item
View Item