Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Pada Kelas V Min Sinabang

Dewi Asri, 150209033 (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Pada Kelas V Min Sinabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Pada Kelas V MIN Sinabang] Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Pada Kelas V MIN Sinabang)
Dewi Asri, 150209033, FTK, PGMI, 081370596961.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas V MIN Sinabang, penulis melihat bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013 belum efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran masih kurang maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar tematik berbasis inkuiri untuk kelas V MIN Sinabang. Metode penelitiannya adalah Research and Development (RnD). Instrumen pengumpulan datanya adalah validasi instrumen dan angket. Hasil penelitian terhadap validasi ahli bahan ajar tematik berbasis inkuiri mendapatkan skor rata-rata 3,44 dengan 86% terhadap media dengan kategori sangat layak dan materi bahan ajar memperoleh skor rata-rata 3,42 dengan persentase 85.5% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi respon guru terhadap bahan ajar pembelajaran tematik memperoleh persentase 88,75% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar tematik berbasis inkuiri layak digunakan karena telah dikategorikan sangat valid, efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran tematik serta praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada kelas V MIN Sinabang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Asri
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:38
Last Modified: 01 Dec 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24463

Actions (login required)

View Item
View Item