Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipchart Pada Materi Sistem Imun Di MAS Darul Hikmah Kajhu Kabupaten Aceh Besar

Yetti Rahmatizar, 160207081 (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipchart Pada Materi Sistem Imun Di MAS Darul Hikmah Kajhu Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipchart Pada Materi Sistem Imun Di MAS Darul Hikmah Kajhu Kabupaten Aceh Besar] Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipchart Pada Materi Sistem Imun Di MAS Darul Hikmah Kajhu Kabupaten Aceh Besar)
Yetty Rahmatizar, 160207081, FTK, PBL, 085277612493.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kendala yang terjadi di MAS Darul Hikmah yaitu kurangnya media pendukung yang dihadirkan selama proses proses pembelajaran materi Sistem Imun, sehingga peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis flipchart pada materi Sistem Imun, mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis flipchart pada materi Sistem Imun di MAS Darul Hikmah Kajhu. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE mengikuti tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sumber data dalam penelitian ini adalah penguji ahli yaitu ahli media dan ahli materi serta peserta didik kelas XI di MAS Darul Hikmah Kajhu. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kelayakan media, lembar kelayakan materi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dengan analisis uji kelayakan dan analisis respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar flipchart dengan uji kelayakan media mendapatkan hasil 95,6%, dan uji kelayakan materi mendapat hasil 82,14%. Respon peserta didik terhadap bahan ajar flipchart pada materi Sistem Imun mendapat hasil 92,5% kriteria sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis flipchart pada Materi Sistem Imun di MAS Darul Hikmah Kajhu, Kabupaten Aceh Besar sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yetti Rahmatizar
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:50
Last Modified: 01 Dec 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24465

Actions (login required)

View Item
View Item