Implementasi Undang-Undang No. 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga (Studi Kasus di Gampong Jawa Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh)

Ridha Fatwa, 180101022 (2022) Implementasi Undang-Undang No. 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga (Studi Kasus di Gampong Jawa Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi] Text (Implementasi)
Ridha Fatwa, 180101022, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan di Gampong Jawa seperti masih banyaknya keluarga yang belum dapat dikategorikan sebagai keluarga sejahtera bila ditinjau dari indikator ketahanan keluarga. Pemenuhan indikator ketahanan dalam keluarga merupakan komponen penting dalam mencapai kesejahteraan. Dampak negatif dari ketidakterpenuhan indikator ketahanan dalam keluarga dapat mengancam keeratan dan keharmonisan dalam rumah tangga. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, untuk membatasi masalah yang diteliti penulis merumuskan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana ketahanan keluarga sejahtera menurut perspektf hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga? 2) Bagaimana pandangan tokoh masyarakat Gampong Jawa tentang ketahanan keluarga dalam mencapai kesejahteraan? 3) Bagaimana pelaksanaan pola ketahanan keluarga dalam pemenuhan hak keluarga di Gampong Jawa? Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan normatif empiris. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah Kepala Desa dan tokoh masyarakat lainnya. Berdasarkan hasil temuan di lapangan bahwa apa yang dicita-citakan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Penduduk tidak sesuai ekspektasi. Masih banyak hal yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar dapat menciptakan keluarga sejahtera. Pola ketahanan yang diterapkan di Gampong Jawa beberapa sudah sesuai indikator keluarga sejahtera. Namun, masih banyak terdapat hambatan dalam penerapan undang-undang tersebut yang dihadapi seperti kurang optimalnya mobilitas informasi, kurang adanya dukungan dari desa, kurang adanya kesadaran dan kepatuhan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Ridha Fatwa Ridha
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:45
Last Modified: 01 Dec 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24466

Actions (login required)

View Item
View Item