Kegiatan Meudalae dalam Masyarakat Aceh (Studi Penelitian di Gampong Tanjung Deah, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar)

Fauzi, 170301012 (2020) Kegiatan Meudalae dalam Masyarakat Aceh (Studi Penelitian di Gampong Tanjung Deah, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Meudalae/Dalail Khairat dalam masyarakat Aceh] Text (Membahas tentang Meudalae/Dalail Khairat dalam masyarakat Aceh)
FAUZI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu budaya yang masih dipraktekkan oleh masyarakat Aceh ialah meudalae, meudalae merupakan kegiatan yang berkaitan dengan tasawuf. Meudalae memiliki pengaruh yang positif dalam kehidupan keagamaan masyarakat, oleh karenanya penulis meneliti kegiatan meudalae dalam masyarakat Aceh, masyarakat Aceh dalam penelitian ini ialah masyarakat di Gampong Tanjung Deah, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep meudalae, pandangan dan pengaruh kegiatan meudalae dalam kehidupan keagamaan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian lapangan atau field research, menggunakan teknik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data menggunakan reduksi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan meudalae di Gampong Tanjung Deah, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, yaitu konsep meudalae dalam tradisi masyarakat Aceh dengan membaca kitab Dalail khairat karangan Imam al-Jazuli secara berkelompok. Pandangan masyarakat Gampong Tanjung Deah terhadap kegiatan meudalae dinilai sangat bermanfaat dan produktif terutama kepada para pemuda Gampong Tanjung Deah. Pengaruh kegiatan meudalae dalam kehidupan keagamaan masyarakat Gampong Tanjung Deah, yaitu bertambahnya semangat masyarakat dalam melaksanakan salat lima waktu secara berjamaah di Masjid.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Fuadi, M.Hum 2. Raina Wildan, S.Fil.I., MA
Uncontrolled Keywords: Meudalae,Dalail Khairat, Syeikh Imam al-Jazuli
Subjects: 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Fauzi
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:08
Last Modified: 02 Dec 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24477

Actions (login required)

View Item
View Item