Penggunaan Media Flip Chart Dengan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV MIN Sabang

Ita As Armuna, 180209065` (2022) Penggunaan Media Flip Chart Dengan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV MIN Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Flip Chart Dengan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV MIN Sabang] Text (Penggunaan Media Flip Chart Dengan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV MIN Sabang)
Ita As Armuna, 180209065, FTK, PGMI, 081361899810.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurangnya penggunaan media dan model dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan suasana belajar kurang menyenangkan. Kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan yang disampaikan guru menyebabkan siswa siswa kurang dalam memahami materi yang diajarkan. Hal ini yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu sangat diperlukan penggunaan media dan model pembelajaran dalam menunjang keberhasilan siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media flip chart dengan model example non example. Penggunaan media ini dapat memberi informasi secara simbolis, memperjelas dan memudahkan siswa dalam menangkap materi yang rumit karena disajikan dengan gambar-gambar sehingga siswa lebih mudah dalam mempelajari suatu konsep IPA baik yang berupa proses maupun penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media flip chart. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IVb yang berjumlah 24 siswa, dengan KKM individual 70 dan klasikal 80. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes kemudian dianalisis dengan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I dengan kategori baik yaitu 76,92. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 87 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I dalam ketegori baik yaitu 70,19. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 83 dengan kategori baik sekali. (3) Hasil tes pada siklus I diperoleh sebesar 70,83 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,66 dengan jumlah siswa yang tuntas 22 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan nilai 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flip chart dengan model example non example pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Sabang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ita As Armuna Ita
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:06
Last Modified: 02 Dec 2022 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24482

Actions (login required)

View Item
View Item