Respon Pemustaka Terhadap Inovasi Layanan Online “Anda Pesan Kami Siapkan” Di Pusat Dokumentasi Dan Informasi Aceh

Restu Susi Ningsih, 190503162 (2022) Respon Pemustaka Terhadap Inovasi Layanan Online “Anda Pesan Kami Siapkan” Di Pusat Dokumentasi Dan Informasi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Respon Pemustaka Terhadap Inovasi Layanan Online “Anda Pesan Kami Siapkan” Di Pusat Dokumentasi Dan Informasi Aceh] Text (Respon Pemustaka Terhadap Inovasi Layanan Online “Anda Pesan Kami Siapkan” Di Pusat Dokumentasi Dan Informasi Aceh)
Restu Ningsih, 190503162, FAH, IP, 082273905193.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Respon Pemustaka Terhadap Layanan Online (Anda Pesan Kami Siapkan) di Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana respon pemustaka terhadap inovasi layanan online di Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna yang hadir 404 pengguna per tahun 2021 di Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh. Sedangkan penentuan angket ditentukan selama purposive sampling yaitu pengguna yang hadir pada tanggal 30 Juni 2022 sampai 7 Juli 2022 dari pukul 08.00-16.30 WIB di Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh sebanyak 33 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan respon pemustaka terhadap inovasi layanan online di Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh cukup antusias dan mendukung inovasi layanan online sebagai salah satu inovasi dalam memnfaatkan bahan pustaka. Hal ini didasari dari kalkulasi nilai rata-rata lima indikator dengan memperoleh nilai yang berbeda. Pertama, aspek keuntungan relatif (relative advantage) diperoleh nilai tertinggi dan tergolong sangat baik (81,2%). Kedua, aspek kesesuaian (Compatibility) tergolong baik (68%). Ketiga, aspek kerumitan (Complexity) tergolong baik (66%. Keempat, aspek kemungkinan dicoba (Triability) tergolong baik (76%). Kelima, aspek kemudahan diamati (Observability) tergolong baik (77%). Disimpulkan bahwa dari hasil kalkulasi nilai rata-rata lima indikator, respon pemustaka terhadap inovasi layanan online “anda pesan kami siapkan” di Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh secara keseluruhan termasuk dalam interval penilaian baik (73,4%). Artinya respon pemustaka terhadap inovasi layanan online “anda pesan kami siapkan” di Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh sudah melakukan kinerjanya dengan cukup baik untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Dimana pemustaka memperoleh keuntungan dari adanya inovasi layanan baik dari faktor kesenangan dan kepuasan. Proses pemesanan bahan pustaka di perpustakaan pun pengguna tidak mengalami kerumitan yang berarti. Serta media yang digunakan pun tidak menyulitkan pemustaka dalam melakukan pemesanan bahan pustaka. Dan yang paling penting adalah pustakawan yang ramah dan cepat tanggap dalam melayani kebutuhan pemustaka. Sehingga pemustaka dapat memenuhi kebutuhan informasi kapan saja dan dimana saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Restu Susi Ningsih Restu
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:16
Last Modified: 02 Dec 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24484

Actions (login required)

View Item
View Item