Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Makanan Dan Minuman Halal Dan Haram Di MTsN 2 Aceh Barat

Safiratul, 170212027 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Makanan Dan Minuman Halal Dan Haram Di MTsN 2 Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Macromedia Flash] Text (Macromedia Flash)
Safiratul, 170212027, FTK, PTI, 085358550696.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Guru selaku seorang pendidik masih memiliki berbagai kekurangan dalam menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan kurangnya fasilitas yang diberikan oleh pihak sekolah, sehingga guru dituntut agar dapat meningkatkan kreativitas dalam menyampaikan serta mengaitkan materi yang akan disampaikan. Dari hasil wawancara bersama salah seorang guru di MTsN 2 Aceh Barat, dapat disimpulkan di mana penyajian serta penyampaian materi yang selama ini diterapkan di sekolah tersebut masih monoton, khususnya pada mata pelajaran Fikih. Oleh sebab di atas penulis termotivasi dalam mengembangkan media pembelajaran yaitu pembelajaran media animasi berbasis macromedia flash dalam materi makanan serta minuman halal dan haram di MTsN 2 Aceh Barat. Tujuan penelitian berikut yakni untuk mengetahui kelayakan media animasi berbasis macromedia flash dalam materi makanan serta minuman halal serta haram di MTsN 2 Aceh Barat, serta respons siswa dalam media animasi berbasis macromedia flash yang dikembangkan. Adapun Metode yang digunakan pada penelitian berikut ialah research and development (R&D). Instrumen yang penulis gunakan dalam penelitian berikut yakni lembar validasi ahli serta angket respons siswa. Hasil penelitian didapat berlandaskan nilai rata-rata melalui hasil validasi oleh validator yakni 95,59% dengan kriteria sangat layak digunakan serta hasil persentase angket respons siswa dengan menjawab “Ya” berjumlah 96,002% serta jawaban “Tidak” berjumlah 3,998%. Kemudian ditarik kesimpulan di mana media animasi berbasis macromedia flash dalam materi makanan serta minuman halal serta haram yang dikembangkan sangat layak digunakan di MTsN 2 Aceh Barat serta siswa memberi respons positif (sangat tertarik) untuk media animasi berbasis macromedia flash pada materi makanan serta minuman halal serta haram yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Safira Safiratul
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:32
Last Modified: 02 Dec 2022 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24485

Actions (login required)

View Item
View Item