Analisa Faktor Pengaruh Pemilihan Peminatan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Siti Mawaddah, 160211067 (2022) Analisa Faktor Pengaruh Pemilihan Peminatan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisa Faktor Pengaruh Pemilihan Peminatan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry] Text (Analisa Faktor Pengaruh Pemilihan Peminatan Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
Siti Mawaddah, 160211067, FTK, PTE, 082273142013.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Prodi Pendidikan Teknik Elektro merupakan salah satu prodi yang ada pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Terdapat 2 bidang konsentrasi yaitu bidang konsentrasi listrik dan bidang konsentrasi elektronika. Konsentrasi bidang listrik berfokus pada pemanfaatan listrik bertegangan tinggi, sedangkan konsentrasi bidang elektronika berfokus pada mempelajari alat listrik arus lemah. Pemilihan bidang konsentrasi Pendidikan Teknik Elektro memasuki semester 5, dimana mahasiswa diberi kebebasan dalam memilih bidang konsentrasi. Sebelum memutuskan untuk memilih bidang konsentrasi mahasiswa mencari informasi tentang bidang konsentrasi pada jurusan Pendidikan Teknik Elektro kemudian memilih sesuai dengan minat dan kemampuan. Pengambilan keputusan adalah proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pemecahan masalah. Pengambilan keputusan perlu untuk bisa memilih dan mempertanggung jawabkan pilihan yang sudah ditentukan serta mengetahui resiko apapun keputusan yang diambil untuk keputusan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pengaruh pemilihan peminatan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, dan pemilihan peminatan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry berdasarkan sudut lapangan kerja kedepan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan membagikan angket kepada mahasiswa, setelah peneliti melakukan penelitian didapatkan faktor pengaruh pemilihan peminatan lebih dominan pada faktor keahlian dan faktor pengaruh individu dengan persentase 27%, sedangkan faktor peluang kerja 26% dan faktor pengaruh lingkungan 20%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Siti Mawaddah
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:02
Last Modified: 02 Dec 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24486

Actions (login required)

View Item
View Item