Implikasi Pemberitaan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Animo Masyarakat Kec.Meukek Gampong Labuhan Tarok II Dusun Bak Cot Dalam Melakukan Vaksin

Suryadi Mandala, 170401064 (2022) Implikasi Pemberitaan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Animo Masyarakat Kec.Meukek Gampong Labuhan Tarok II Dusun Bak Cot Dalam Melakukan Vaksin. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Implikasi Pemberitaan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Animo Masyarakat Kec.Meukek Gampong Labuhan Tarok II Dusun Bak Cot Dalam Melakukan Vaksin] Text (Implikasi Pemberitaan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Animo Masyarakat Kec.Meukek Gampong Labuhan Tarok II Dusun Bak Cot Dalam Melakukan Vaksin)
Suryadi Mandala, 170401064, FDK, KPI, 082364141341.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kebijakan penerapan vaksinasi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Indonesia menghadirkan pro-kontra di masyarakat, pemberitaan negatif tentang vaksinasi ini tersebar luas di berbagai media cetak dan elektronik sehingga hal ini berpengaruh kepada minat masyarakat Kec.Meukek Gampong Labuhan Tarok II Dusun Bak Cot dalam melakukan vaksinasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan masyarakat tentang vaksinasi Covid-19 dan implikasi pemberitaannya terhadap animo (keinginan) masyarakat untuk melakukan vaksin. Penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai alat dalam mengumpulkan data dan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teori yang dikemukan oleh Miles dan Huberman. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Kec.Meukek Gampong Labuhan Tarok II Dusun Bak Cot menanggapi vaksinasi sebagai program yang positif yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah laju penyebaran Covid-19. Implikasi dari pemberitaan melahirkan pro-kontra bagi masyarakat. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa rata-rata masyarakat Dusun Bak Cot sudah melakukan vaksinasi dosis I dan II, dan sebagian sudah melakukan vaksinasi dosis III (Booster). Dengan kata lain, pemberitaan yang beredar di media meningkatkan animo (keinginan) masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Suryadi Mandala
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:44
Last Modified: 02 Dec 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24489

Actions (login required)

View Item
View Item