Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Brainstorming Pada Materi Arus Bolak-Balik Di SMA/MA

Khaira Dara Fonna, 140204147 (2022) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Brainstorming Pada Materi Arus Bolak-Balik Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Brainstorming] Text (Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Brainstorming)
Khaira Dara Fonna, 140204147, FTK, PFS, 085237707775.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya bahan belajar pada mata pelajaran fisika. Kurangnya bahan ajar fisika mempengaruhi minat belajar siswa, sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Oleh karena itu diperlukan pengembangan bahan ajar fisika yang dirancang agar dapat membantu siswa belajar secara mandiri dengan kecepatan dan kemampuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan bahan ajar fisika berbasis Brainstorming pada materi Arus Bolak-Balik di SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D, model ini terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Pengembangan bahan ajar berbasis Braistorming yang dikembangkan, dievaluasi/validasi oleh 4 validator yang terdiri dari 2 ahli validator mater dan 2 ahli validator media. Bahan ajar fisika yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahan ajar fisika berbasis Brainstorming pada materi Arus Bolak-Balik dengan model pengembangan 4D. Setelah melakukan uji kelayakan terhadap bahan ajar fisika berbasis Brainstorming menggunakan uji validasi dengan lembar validasi dua ahli validator materi dan dua ahli validator media maka didapatkan hasil persentase 85,5% untuk materi dan 82,5% untuk media, maka dapat disimpulkan bahan ajar berbasis fisika Brainstorming sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D 2. Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Berbasis Brainstorming, Arus Bolak Balik
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Khaira Dara Fonna Khaira
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:26
Last Modified: 05 Dec 2022 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24499

Actions (login required)

View Item
View Item