Strategi Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTsN 2 Aceh Besar

Robi Saputra, 180206125 (2022) Strategi Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19  Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Strategi Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTsN 2 Aceh Besar)
Robi Saputra, 180206125, FTK, MPI, 085362111600.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Masa pandemi Covid-19 minat belajar peserta didik mengalami penurunan diakibatkan oleh perubahan pelaksanaan pembelajaran yang tidak menentu. Tujuan penelitian ini adalah :(1), untuk menganalisis faktor penunjang tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19. (2), untuk menganalisis faktor penghambat tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa Pandemi Covid-19. (3), strategi tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tekni pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 10 tenaga pedidik dan 10 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1), faktor penunjang tenaga pendidik pada masa pembelajaran daring (online) terbagi dua, faktor internal dan eksternal. Faktor penunjang internal yaitu kekutan tenaga pendidik seperti kompetensi padagogik dan profesional serta motivasi dalam menyukseskan pembelajaran daring, sementara faktor penunjang eksternal yaitu peluang pendidik yang mampu melibatkan stakeholder seperti masyarakat, orang tua, balai desa, dan wira swasta seperti warnet yang menyediakan fasilitas alat untuk memudahkan melaksanakan pembelajaran secara online atau daring. (2), faktor penghambat tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran daring memiliki beberapa faktor penghambat yaitu faktor eksternal, dan faktor internal, faktor internal adalah ancaman yang mempengaruhi terhambatnya pembeljaran daring seperti terdapatnya peserta didik yang tidak berada di tempat pada saat pelaksanaan pembelajaran, faktor internal pada aspek yaitu yang dimiliki pendidik pelaksanaan pembelajaran terbatas dan jaringan internet yang tidak stabil (3), strategi tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, kreatif sehingga peserta didik dapat aktif dalam pembelajaran, aktif berdiskusi, mengajukan pertanyaan serta aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan tenaga pendidik kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Robi Saputra
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:29
Last Modified: 05 Dec 2022 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24500

Actions (login required)

View Item
View Item