Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Pedagang Buah-Buahan di Pasar Tradisional (Studi Pasar Induk Lambaro, Kabupaten Aceh Besar)

Putri Natasya, 170602010 (2021) Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Pedagang Buah-Buahan di Pasar Tradisional (Studi Pasar Induk Lambaro, Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Etika Bisnis Islam] Text (Etika Bisnis Islam)
Putri Natasya, 170602010, FEBI, ES, 08126485073.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Etika bisnis Islam adalah serangkaian aktivitas dalam usaha yang dilakukan oleh seseorang yang sesuai dengan syariat Islam yang berlandasan Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku pedagang buah-buahan di Pasar Induk Lambaro yang tidak sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku pedagang buah-buahan di Pasar Induk Lambaro dan apakah para pedagang buah-buahan sudah menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Metode dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah pedagang dan pembeli buah di Pasar Induk Lambaro. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku pedagang buah-buahan di Pasar Induk Lambaro belum sepenuhnya menerapkan etika bisnis Islam. Masih terdapat perilaku pedagang yang belum menjalankan etika bisnis Islam yakni kurang menerapkan prinsip tauhid, tanggung jawab, kebenaran dan kejujuran. Namun hanya terdapat satu prinsip yang sudah dijalankan oleh para pedagang buah-buahan di pasar Induk Lambaro yaitu kehendak bebas yang mana rata-rata pedagang selalu memberikan kebebasan kepada pembeli saat membeli. Dan para pedagangpun tidak mempermasalah (memberikan kebebasan) jika ada pedagang lain yang ingin berjualan dekat dengan tempat penjualannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Natasya Putri
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:29
Last Modified: 05 Dec 2022 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item
View Item