Implementasi Pengurangan Resiko Bencana Kebakaran Hutan Melalui Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Dengan Menggunakan Model PBL Di Mas Babun Najah

Mahdalena, 160208043 (2022) Implementasi Pengurangan Resiko Bencana Kebakaran Hutan Melalui Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Dengan Menggunakan Model PBL Di Mas Babun Najah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Pengurangan Resiko Bencana Kebakaran Hutan Melalui Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Dengan Menggunakan Model PBL Di Mas Babun Najah] Text (Implementasi Pengurangan Resiko Bencana Kebakaran Hutan Melalui Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Dengan Menggunakan Model PBL Di Mas Babun Najah)
Mahdalena, 160208043, FTK, PKM, 082271106744.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Dalam rapat dunia tentang peredaman bencana 2005 menyatakan bahwa penanggulangan bencana harus menjadi prioritas nasional. Banyaknya korban dari bencana membuat masyarakat harus mengetahui kiat-kiat tentang kebencanaan. Salah satu lembaga yang dapat membantunya yaitu pendidikan. Kurikulum 2013 menuntut peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Namun kenyataan yang didapat di kebanyakan sekolah peserta didik masih pasif. Model PBL adalah salah satu model pembelajaran yang sesuai kurikulum 2013 yang dapat mendongkrak peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. PBL menggunakan permasalahan nyata untuk pembelajarannya. Melalui materi hidrokarbon dan minyak bumi, implementasi pengurangan risiko bencana kebakaran hutan dengan model PBL dapat dilaksanakan. Tujuan penelitian adalah untuk melihat aktivitas dan hasil belajar peserta didik terhadap implementasi pengurangan risiko bencana kebakaran hutan dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan design One Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang memenuhi syarat adalah peserta didik kelas XI MIA 4. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas dan LKPD. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif berdasarkan nilai rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik sebesar 1,87%, sedangkan pada hasil jawaban LKPD nilai rata-rata mengalami penurunan dari 76,25 menjadi 70. Beberapa faktor yang tidak dapat dikendalikan peneliti mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mahdalena Sulaiman
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:00
Last Modified: 05 Dec 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24508

Actions (login required)

View Item
View Item