Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Kasus di Gampong Lampaseh Aceh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh)

Deddy Gunawan, 160604037 (2022) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Kasus di Gampong Lampaseh Aceh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)] Text (Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES))
Deddy Gunawan, 160604037, FEBI, IE, 082165617015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

BUMG merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan membangun kerekatan sosial masyarakat yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMG berperan penting untuk menambah PAD (Pendapatan Asli Desa) yang berguna untuk menjalankan perekonomian desa sehingga muncul sifat kemandirian, dan pembentukannya diharuskan melakukan musyawarah antar elemen masyarakat desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran BUMG Lampaseh Aceh serta faktor pendukung dan penghambat PAD Lampaseh Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif bersifat terbuka, proses pengambil data melalui wawancara untuk mengetahui permasalahan secara mendalam. Pemerintah gampong Lampaseh Aceh mempunyai tanggung jawab dan wewenang dalam meningkatkan peran BUMG. BUMG Lampaseh Aceh kurang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Faktor pendukung BUMG dalam meningkatkan PAD Lampaseh Aceh belum adanya pengelolaan manajemen yang baik terhadap dana BUMG, sedangkan faktor penghambat belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena kurang partisipasi masyarakat dan optimalilsasinya SDM. Aparatur gampong Lampaseh Aceh harus merekrut pengelola BUMG dengan melihat keahlian serta memiliki pendidikan atau minimal pengalaman kerja dalam mengelola usaha, sehingga kedepannya BUMG dapat terkelola dengan lebih baik lagi, untuk kemajuan BUMG Lampaseh Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Deddy Gunawan Deddy
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:58
Last Modified: 05 Dec 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24509

Actions (login required)

View Item
View Item