Dampak Perkebunan Kelapa Sawit Di Desa Drein Tujoh Dilihat Dari Sisi Sosial Dan Budaya

Rini Hasnita, 170501039 (2022) Dampak Perkebunan Kelapa Sawit Di Desa Drein Tujoh Dilihat Dari Sisi Sosial Dan Budaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Perkebunan Kelapa Sawit Di Desa Drein Tujoh Dilihat Dari Sisi Sosial Dan Budaya] Text (Dampak Perkebunan Kelapa Sawit Di Desa Drein Tujoh Dilihat Dari Sisi Sosial Dan Budaya)
Rini Hasnita, 170501039, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Dampak Perkebunan Kelapa Sawit di Desa Drein Tujoh Dilihat Dari Sisi Sosial dan Budaya”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui sejarah dan pertumbuhan perkebunan kelapa sawit di Desa Drien Tujoh, dan 2). Untuk mengetahui dampak perkebunan kelapa sawit dalam kehidupan sosial budaya di Desa Drien Tujoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada tahap awal, mata pencaharian masyarakat Desa Drien Tujoh ialah sebagai petani coklat dan pisang. Namun tanaman tersebut terus-menerus terkena penyakit sehingga mengakibatkan hilangnya mata pencaharian masyarakat. Di samping itu juga, di Desa Drien Tujoh telah berdiri suatu perusahaan besar yang mengelola kelapa sawit yaitu PT. Fajar Baizuri dan Socfindo. Karena keberhasilan PT tesebut dalam mengelola perkebunan sawit maka hal itu tersebut mengiyurkan masyarakat untuk juga membuka lahan perkebunan sendiri. Perkembangan kelapa sawit ini pun terjadi pada tahun 2007 dan terus berkembang hingga saat ini. Adapun dampak sosial dari adanya perkebunan kelapa sawit ini adalah terwujudkan melalui kegiatan pembangunan atau pelaksanaan kebijakan, maka dari itu aspek sosial dengan adanya perkebunan kelapa sawit di Desa Drien Tujoh ialah dapat menjanjikan pembangunan pendesaan dan pengurangan kemiskinan serta menjanjikan pemerataan ekonomi. Sedangkan, dampak budaya bagi masyarakat dengan adanya perkebunan kelapa sawit menciptakan keharmonisan antar masyarakat lainnya. Memang pada dasarnya tidak menciptakan sebuah tradisi-tradisi tertentu namun banyak dari masyarakatnya sering melakukan acara syukuran, yang di mana acara tersebut dilaksanakan bersamaan dengan ritual kenduri lainnya.
.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Rini Hasnita Rini
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:59
Last Modified: 06 Dec 2022 01:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24512

Actions (login required)

View Item
View Item