Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan Dalam Mengurangi Kemiskinan Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya

Khalid, 190602325 (2022) Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan Dalam Mengurangi Kemiskinan Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan Dalam Mengurangi Kemiskinan Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya] Text (Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan Dalam Mengurangi Kemiskinan Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya)
Khalid, 190602325, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Implementasi kebijakan program keluarga harapan (PKH) memiliki pengaruh terhadap mengurangi kemiskinan di Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi kebijakan tersebut dan bagaimana pengaruhnya terhadap mengurangi kemiskinan ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam di Kecamatan Indra Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, dan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner serta data sekunder didapatkan dari pendamping PKH. Sampel dalam penelitian ini yaitu 192 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi bantuan PKH kurang keterbukaan dana PKH dengan alasan data rahasia di Kecamatan Indra Jaya kabupaten Aceh Jaya dan berpengaruh terhadap mengurangi kemiskinan jika ditinjau dari konsep ekonomi Islam yaitu pada dasarnya Islam memberikan solusi terhadap mengurangi kemiskinan yaitu bekerja, jaminan hidup dari kerabat, zakat, jaminan kas Islam (Baitul Mal), apabila kita mengikuti tersebut maka kemiskinan akan hilang. Dapat disimpulkan bahwa apabila tingkat pendapatan meningkat maka masyarakat dapat memenuhi kebutuhan untuk mengurangi kemiskinan dalam konsep ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Khalid Khalid
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:08
Last Modified: 07 Dec 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24513

Actions (login required)

View Item
View Item