Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X IPA SMA N 1 Bakongan Aceh Selatan

Meri Salma, 180207046 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X IPA SMA N 1 Bakongan Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Inkuiri] Text (Model Pembelajaran Inkuiri)
Meri Salma, 160207046, FTK, PBA, 082361822342.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan Pembelajaran di sekolah saat ini masih kurang memperhatikan keterampilan generik sains siswa, padahal keterampilan generik sains merupakan salah satu kompetensi dasar siswa yang harus dikembangkan oleh peserta didik agar dapat digunakan untuk mempelajari berbagai jenis konsep serta menyelesaikan berbagai jenis masalah sains. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai, salah satunya model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak penggunaan model inkuiri terhadap keterampilan generik sains siswa kelas X IPA di SMAN 1 Bakongan Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini kelas X IPA 1 yang berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, soal tes dan lembar angket. Analisis data observasi menggunakan rumus persentase, hasil belajar dilakukan dengan rumus N-Gain dan uji t sedangkan respon siswa dilakukan dengan rumus persentase. Hasil data keterampilan generik sains siswa menunjukkan yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri memiliki persentase lebih tinggi yaitu sebesar 81,87% dengan kategori sangat terampil sedangkan siswa yang dibelajarkan tanpa model inkuiri memiliki persentase lebih rendah yaitu 11,23% dengan kategori sangat kurang terampil. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa yang menggunakan model inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model inkuiri dengan hasil uji-t yaitu t_hitung > t_tabel (6,568 >1,67) dan respon siswa terhadap pembelajaran yaitu 83% dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa dan hasil belajar siswa di kelas X IPA SMAN 1 Bakongan Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Meri Salma Meri
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:31
Last Modified: 06 Dec 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24516

Actions (login required)

View Item
View Item