Evaluasi Upaya Pencegahan Bibliocrime Sebagai Usaha Pelestarian Koleksi Di Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh

Rizky Aries Munandar, 180503104 (2022) Evaluasi Upaya Pencegahan Bibliocrime Sebagai Usaha Pelestarian Koleksi Di Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Evaluasi Upaya Pencegahan Bibliocrime Sebagai Usaha Pelestarian Koleksi Di Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh] Text (Evaluasi Upaya Pencegahan Bibliocrime Sebagai Usaha Pelestarian Koleksi Di Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh)
Rizky Aries Munandar, 180503104, FAH, IP, 082294780922.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Upaya Pencegahan Bibliocrime sebagai Usaha Pelestarian Koleksi di Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh”. Berangkat dari masalah masih adanya perilaku bibliocrime walaupun pihak pengelola perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh telah melakukan usaha pencegahan terhadap bibliocrime, maka perlu dievaluasi kembali setiap usaha pencegahan bibliocrime tersebut guna melihat sejauh mana keberhasilan upaya pencegahan yang telah diterapkan dan dapat ditingkatkan lagi untuk kedepannya agar lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pencegahan bibliocrime yang dilakukan di Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh dan dampak dari penerapan upaya pencegahan bibliocrime terhadap pelestarian koleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pihak pengelola perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh yang berjumlah satu orang, sedangkan objek penelitian ini yaitu upaya preventif yang dilakukan oleh pihak pengelola Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh dalam mencegah bibliocrime. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Model evaluasi yang digunakan yaitu model discrepancy dimana penilaian suatu program berdasarkan kesenjangan antara standar yang diharapkan dengan fakta di lapangan. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pencegahan bibliocrime yang dilakukan oleh pengelola Perpustakaan Ubudiyah Indonesia Aceh yaitu arsitektur gedung dan desain ruangan, loker, petugas keamanan, security gate, barcode, pemeriksaan ketat buku yang baru dikembalikan, denda dan sanksi, dan program orientasi perpustakaan. Walaupun demikian, upaya pencegahan yang sudah sesuai dengan standar adalah pemeriksaan ketat pada buku yang baru dikembalikan. Dampak dari upaya pencegahan bibliocrime di perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh terhadap pelestarian koleksi yaitu dengan adanya upaya pencegahan yang telah dilakukan tingkat bibliocrime menjadi lebih rendah sehingga menyebabkan terjaminnya kelestarian koleksi yang ada di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rizky Aries Munandar
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:31
Last Modified: 06 Dec 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24517

Actions (login required)

View Item
View Item