Pengembangan Media Flipchart Melalui Layanan Dasar Tentang Edukasi Seks Bebas Di SMPN 3 Ingin Jaya Aceh Besar

Noratul Ikramah, 180213073 (2022) Pengembangan Media Flipchart Melalui Layanan Dasar Tentang Edukasi Seks Bebas Di SMPN 3 Ingin Jaya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Flipchart Melalui Layanan Dasar Tentang Edukasi Seks Bebas Di SMPN 3 Ingin Jaya Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Flipchart Melalui Layanan Dasar Tentang Edukasi Seks Bebas Di SMPN 3 Ingin Jaya Aceh Besar)
Noratul Ikramah, 180213073, FTK, BK, 085362284751.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru BK dalam pengembangan media flipchart dalam mengedukasi seks bebas, pengembangan media flipchart pada layanan dasar tentang edukasi seks bebas dan menguji kelayakan materi edukasi seks bebas pada layanan dasar berbasis media flipchart di SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Rancangan penelitian ini menggunkan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gal. Subjek pada penelitian ini berasal dari kelas VII-1 yang berjumlah 10 orang siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah penguji ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Guru BK juga berperan sebagai validator dari media flipchart dan menilai media flipchart. Adapun langkah dari pengembangan media flipchart adalah membuat media flipchart, memvalidasi pada ahli media dan ahli materi serta menguji coba di sekolah untuk melihat kelayakan media tersebut dengan menggunakan 6 aspek dan 16 kriteria dengan memperoleh nilai rata-rata baik. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji kelayakan, uji normalitas dan uji T. Hasil dari uji t-test memperoleh ttabel < thitung 1.833< 1.731 artinya adanya peningkatan terhadap penguasaan materi edukasi seks bebas. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media flipchart dalam layanan dasar pada edukasi seks bebas layak digunakan sebagai media layanan pembelajaran yang efektif untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Ingin Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Noratul Ikramah
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:40
Last Modified: 06 Dec 2022 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item
View Item