Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah di Indonesia

Liza Afrida, 160604005 (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah di Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah di Indonesia] Text (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah di Indonesia)
Liza Afrida, 160604005, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Nilai tukar suatu negara merupakan satu indikator untuk melihat baik buruknya perekonomian suatu negara. Semakin tinggi nilai tukar mata uang suatu negara terhadap negara lain menunjukkan bahwa suatu negara tersebut memiliki perekonomian yang lebih baik daripada negara lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Inflasi, Suku Bunga (BI-rate) dan Jumlah Uang Beredar (JUB) terhadap Nilai Tukar Rupiah di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data runtut waktu (time series) dalam periode 2017 hingga 2021, yang bersumber dari BPS dan Bank Indonesia. Data sekunder tersebut diteliti menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM). Hasil VECM jangka panjang menunjukkan bahwa variabel Inflasi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Tukar Rupiah. Sementara variabel BI-rate dan JUB memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Tukar Rupiah. Hasil estimasi VECM jangka pendek menunjukkan bahwa variabel Inflasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Tukar Rupiah, variabel BI-rate memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Tukar Rupiah sedangkan variabel JUB memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Tukar Rupiah. Untuk melihat pola dinamik yang terjadi, dilihat pada uji Impulse Response Function (IRF) dan Variance decomposition (VDC). Hasil uji IRF variabel Inflasi memiliki respon negatif (fluktuasi). Variabel BI-rate memiliki respon positif (fluktuasi. Variabel JUB memiliki respon negatif (fluktuasi). Kemudian, hasil uji VDC menyatakan BI-rate adalah variabel terbesar yang mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah dan variabel terkecil yang mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah adalah Inflasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Liza Afrida Liza
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:45
Last Modified: 06 Dec 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24520

Actions (login required)

View Item
View Item