Ujaran Kebencian Di Media Sosial (Studi Sikap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala)

Ulfa Tariyama, 170401090 (2022) Ujaran Kebencian Di Media Sosial (Studi Sikap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ujaran Kebencian Di Media Sosial (Studi Sikap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala)] Text (Ujaran Kebencian Di Media Sosial (Studi Sikap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala))
Ulfa Tariyama, 170401090, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Ujaran Kebencian di Media Sosial (Studi Sikap Terhadap Mahasiswa Universitas Syiah Kuala)”. Adapun rumusan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap mahasiswa Universitas Syiah Kuala terhadap Ujaran Kebencian di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana ada data yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner. Responden penelitian berjumlah 40 orang dengan kriteria Mahasiswa, memiliki akun instagram dan bersedia menjadi informan penelitian. Dari hasil penelitian hampir seluruh responden tersebut menyatakan bahwa dirinya ikut menghina karena terbawa emosi, sedangkan responden lainnya mengaku hanya menjadi penikmat dan bersikap diam saja terhadap ujaran kebencian di media sosial. Dampak yang ditimbulkan dari ujaran kebencian yang diterima oleh korban yaitu berdampak secara psikologis yang berupa emosi negatif dan emosi positif. Emosi negatif tersebut diantaranya adalah rasa marah, tidak nyaman, sedih, tertekan, malu, takut, tidak percaya diri, dan sakit hati. Sedangkan emosi positif yaitu rasa semangat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ulfa Tariyama Ulfa
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:47
Last Modified: 06 Dec 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24521

Actions (login required)

View Item
View Item