Pengelolaan Perpustakaan dalam peningkatan Layanan Sirkulasi di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh

Husnatul Aulia, 180206026 (2022) Pengelolaan Perpustakaan dalam peningkatan Layanan Sirkulasi di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Perpustakaan dalam peningkatan Layanan Sirkulasi di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh] Text (Pengelolaan Perpustakaan dalam peningkatan Layanan Sirkulasi di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh)
Husnatul Aulia, 180206026, FTK, MPI, 082213150869.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan perpustakaan yang baik adalah pengelolaan yang menerapkan fungsi manajemen dalam setiap kegiatan perpustakaan. Salah satu bidang layanan dalam perpustakaan adalah layanan sirkulasi. Pengelolaan layanan sirkulasi merupakan suatu proses dalam mengkoordinasi setiap kegiatan, sehingga dapat diselesaikan secara efektif dan efisien. Pengelolaan layanan sirkulasi perpustakaan merupakan proses yang harus ditetapkan dalam perpustakaan, karena keberhasilan layanan perpustakaan tergantung dari pengelolaannya yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan dalam pengoprasian perpustakaan. Setiap kegiatan layanan sirkulasi yang dilakukan itu saling berkaitan, Oleh karena itu, hendaklah layanan sirkulasi tersusun dan terkoordinasi sesuai dengan jenis dan tugas pada setiap bagian. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, peluang dan tantangan serta kendala yang dihadapi dalam pengelolaan layanan sirkulasi perpustakaan di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang diambil sebagai informan adalah kepala perpustakaan, tenaga perpustakaan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pengelolaan perpustakaan yang dilakukan dalam peningkatan layanan sirkulasi bersifat perencanaan tetap atau prosedur standar, pelaksanaan layanan sirkulasi dilakukan sesuai dengan prosedur standar serta menggunakan aplikasi slim mulai dari pembuatan kartu keanggotaan, peminjaman, pengembalian, dan pembuatan statistik. Tantangan dan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan layanan sirkulasi perpustakaan adalah karena tidak adanya pembagian tugas atau tanggungjawab dalam pengelolaan perpustakaan, serta pembuatan statistik kunjungan yang masih dibuat secara manual. Peluang yang dimiliki oleh perpustakaan Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh dalam meningkatkan pengelolaan layanan sirkulasi adalah karena sarana dan prasarana serta lingkungan yang digunakan sebagai perpustakaan nyaman, kerjasama tim tenaga perpustakaan yang baik, dan minat kunjung peserta didik yang tinggi ke perpustakaan. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh perpustakaan, namun harus diimbagi dengan pengelolaan perpustakaan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan perpustakaan, layanan sirkulasi
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Husnatul Aulia Husna
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:07
Last Modified: 07 Dec 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24532

Actions (login required)

View Item
View Item