Keanekaragaman Jenis Serangga Permukaan Tanah Di Kawasan Wisata Sungai Sikabu Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Penunjang Mata Kuliah Ekologi Hewan

Wirdatul Humaira, 160207089 (2022) Keanekaragaman Jenis Serangga Permukaan Tanah Di Kawasan Wisata Sungai Sikabu Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Penunjang Mata Kuliah Ekologi Hewan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Wisata Sungai Sikabu] Text (Wisata Sungai Sikabu)
Wirdatul Humaira, 160207089, FTK, PBL, 085260709495.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Mata kuliah ekologi hewan dalam pembelajarannya mahasiswa sering mengalami kesulitan mengidentifikasi serangga permukaan tanah yang didapatkan setelah melakukan praktikum di lapangan, sehingga diperlukannya bahan acuan tambahan untuk menunjang referensi yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis serangga permukaan tanah dan mengkaji keanekaragaman jenis serangga permukaan tanah yang terdapat pada kawasan wisata sungai Sikabu Kabupaten Aceh Selatan yang dibuat dalam bentuk buku identifikasi pada mata kuliah ekologi hewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksploratif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu teknik penentuan objek dengan pertimbangan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh serangga permukaan tanah yang terdapat pada kawasan wisata sungai Sikabu dan sampel dalam penelitian ini adalah serangga permukaan tanah yang terdapat pada 3 titik pengamatan. Hasil produk penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian yang dilakukan pada kawasan wisata sungai Sikabu di Kabupaten Aceh Selatan diperoleh bahwa terdapat 26 jenis serangga permukaan tanah terdiri dari 14 Famili dan 11 Ordo. Indeks keanekaragaman tergolong sedang dengan nilai Ĥ = 2,188435561. Hasil uji kelayakan terhadap produk hasil penelitian diperoleh persentase keseluruhan buku pada bidang materi 84,27% dengan kategori sangat layak dan bidang media 85,57% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Wirdatul Humaira Wirda
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:29
Last Modified: 07 Dec 2022 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24533

Actions (login required)

View Item
View Item