Hubungan Quarter Life Crisis Dengan Kualitas Hidup Pada Mahasiswa Akhir Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry

Ade Putri, 170402030 (2022) Hubungan Quarter Life Crisis Dengan Kualitas Hidup Pada Mahasiswa Akhir Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Quarter Life Crisis Dengan Kualitas Hidup Pada Mahasiswa Akhir Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry] Text (Hubungan Quarter Life Crisis Dengan Kualitas Hidup Pada Mahasiswa Akhir Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)
Ade Putri, 170402030, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini karena berdasarkan pengamatan peneliti yang terjadi pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Mahasiswa akhir dalam proses pengerjaan skripsi mendapati kualitas hidup yang kurang sejahtera, kerap mengalami kesulitan dan tekanan sehingga rentan mengalami krisis emosional diusia dewasa awal yang dikenal dengan fase quarter life crisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran quarter life crisis mahasiswa akhir dan kualitas hidup mahasiswa akhir, serta menganalisa hubungan quarter life crisis dengan kualitas mahasiswa akhir. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akhir yang aktif pada empat jurusan sebanyak 356 populasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling, sampel pada penelitian ini ditetapkan 179 orang mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket). Pengolahan data penelitian menggunakan metode statistik, data diuji dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas uji homogenitas dan analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil analisis uji korelasi menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05, artinya adanya hubungan yang signifikan antara quarter life crisis dengan kualitas hidup mahasiswa akhir. Koefisien nilai r menunjukkan besar hubungan quarter life crisis dengan kualitas hidup sebesar -563, artinya hasil penelitian ini menunjukkan bentuk hubungan negatif antar dua variabel. Hal ini bermaksud apabila quarter life crisis meningkat maka kualitas hidup akan rendah. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada hubungan quarter life crisis dengan kualitas hidup mahasiswa akhir Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ade Putri Ade
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:58
Last Modified: 07 Dec 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24537

Actions (login required)

View Item
View Item