Tradisi Kenduri Take Lawe Di Kalangan Petani Desa Lawe Melang Kecamatan Kluet Tengah Aceh Selatan

Emi Irma Rosita, 170501055 (2022) Tradisi Kenduri Take Lawe Di Kalangan Petani Desa Lawe Melang Kecamatan Kluet Tengah Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tradisi Kenduri Take Lawe Di Kalangan Petani Desa Lawe Melang Kecamatan Kluet Tengah Aceh Selatan] Text (Tradisi Kenduri Take Lawe Di Kalangan Petani Desa Lawe Melang Kecamatan Kluet Tengah Aceh Selatan)
Emi Irma Rosita, 1705010554, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tradisi Kenduri Take Lawe di Kalangan Petani Desa Lawe Melang Kecamatan Kluet Tengah Aceh Selatan” Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui 1). Sejarah kenduri take lawe, 2). Proses Pelaksanaan kenduri take lawe, 3). Ajaran dan nilai dalam tradisi kenduri take lawe, 4). Kedudukan dan fungsi tradisi kenduri take lawe. Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang diperoleh di lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjuka bagaimana sejarah awal tradisi kenduri take lawe sudah dilaksnakan sejak zaman dulu yang berawal dari kegiatan nenek moyang yang membuat makanan berupa lemang dan tepung tawar yang kemudian disajikan ke tempat kepala air/kepala parit. Tradisi ini merupakan kepercayaan masyarakat zaman dulu dalam upaya mengusir wabah penyakit pada tanaman padi dan tidak diganggu oleh makhluk halus, serta mendapatkan hasil panen padi yang melimpah. Kenduri ini dilaksanakan 2 kali setiap tahun yang disesuaikan dengan masa tanam padi, ketika padi yang sudah berumur tujuh atau delapan minggu dimana ketinggian padi sekitar 20 cm, kurang lebih saat padi mulai nining/berperut. Pada hari pelaksanaan kenduri take lawe, masyarakat berkumpul di take lawe/kepala parit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Emi Irma Rosita Emi
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:16
Last Modified: 07 Dec 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24541

Actions (login required)

View Item
View Item