Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dan Media Video Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 9 Banda Aceh

Siti Rahmawati Syam, 180207040 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dan Media Video Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 9 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran Role Playing dan Media Video] Text (Membahas tentang model pembelajaran Role Playing dan Media Video)
Siti Rahmawati Syam, 180207040, FTK, PBL, 082360198591.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa SMAN 9 Banda Aceh pada materi sistem pencernaan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kurang partisipasi siswa dan kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran serta media dalam proses pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu model pembelajaran role playing dan media video. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran role playing dan media video dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvesional dan buku paket pada materi sistem pencernaan manusia serta respon siswa terhadap model role playing dan media video. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 9, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 masing-masing berjumlah 26 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa menggunakan tes dan respon siswa menggunakan lembar angket. Analisis data aktivitas belajar siswa dan respon menggunakan rumus persentase dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen 89,7% dengan kriteria sangat aktif sedangkan kelas kontrol 60,2% kriteria aktif. Hasil belajar siswa kelas eksperimen rata-rata 83,07 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 70,96. Hasil uji-t diperoleh thitung>ttabel (14,24>1,67). Respon siswa terhadap pembelajaran yaitu 80,68% dengan kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing dan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI SMAN 9 Banda Aceh.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Media Video, Aktivitas, Hasil Belajar, Respon Siswa, Sistem Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Rahmawati Syam
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:39
Last Modified: 08 Dec 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24547

Actions (login required)

View Item
View Item