Identifikasi Kingdom Animalia di PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara) Idi Rayeuk sebagai Media Pembelajaran pada Kelas X di MAN 1 Aceh Timur

Aryuna Rizkia, 170207156 (2022) Identifikasi Kingdom Animalia di PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara) Idi Rayeuk sebagai Media Pembelajaran pada Kelas X di MAN 1 Aceh Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Kingdom Animalia di PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara)  Idi Rayeuk sebagai Media Pembelajaran pada Kelas X di MAN 1 Aceh Timur] Text (Identifikasi Kingdom Animalia di PPN (Pelabuhan Perikanan Nusantara) Idi Rayeuk sebagai Media Pembelajaran pada Kelas X di MAN 1 Aceh Timur)
Aryna Rizkia, 170207156 ,FTK, PBL, 082387070402.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Kingdom Animalia salah satu materi yang dipelajari pada SMA/MA kelas X. Dalam proses belajar mengajar materi kingdom Animalia referensi yang tersedia masih sedikit, guru terkendala dengan tidak adanya media pembelajaran khusus, sehingga pembelajaran pada materi kingdom Animalia belum terlaksana dengan baik. Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui anggota Kingdom Animalia apasaja yang didapatkan oleh nelayan di PPN Idi Rayeuk, untuk mengetahui hasil uji kelayakan buku ajar, dan untuk mengukur respon siswa terhadap media pembelajaran kelas X pada materi Kingdom Animalia. Jenis penelitian ini kualitatif dan kuantitatif. Data dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Uji kelayakan media buku ajar dan respon siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Jumlah spesies anggota kingdom animalia paling banyak terdapat adalah anggota filum Chordata sebanyak 53 spesies (98,3%), spesies yang paling sedikit terdapat pada filum Mollusca sebanyak 3 spesies (1,7%) dari 4 kelas, Actinopterygii, Cephalopoda, Elasmobranchii, dan Bivalvia. Hasil kelayakan media pembelajaran buku ajar 83,3% dengan kategori sangat layak digunakan, respon siswa diperoleh total persentase 90% dengan kriteria sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku ajar sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran pada materi Kingdom Animalia kelas X.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Aryuna Rizkia
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:46
Last Modified: 08 Dec 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24549

Actions (login required)

View Item
View Item