Peran Pengawasan Satpol PP dan WH dalam Penegakan Jarimah Khamar Menurut Qanun Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat di Aceh Tengah

Humaira Sartika, 180105021 (2022) Peran Pengawasan Satpol PP dan WH dalam Penegakan Jarimah Khamar Menurut Qanun Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat di Aceh Tengah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Khamar] Text (Khamar)
Humaira Sartika, 180105021, FSH, HTN, 082243175318.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Satpol PP dan WH merupakan lembaga yang berperan untuk melaksanakan Syari’at Islam di Aceh. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis peran Satpol PP dan WH dalam penegakan jarimah khamar menurut Qanun Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat di Aceh Tengah. Selanjutnya juga untuk mengalisis peran Satpol PP dan WH dalam implementasi Qanun Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayah di Aceh Tengah. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, menggunakan jenis penelitan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa peran pengawasan yang dilaksanakan oleh Satpol PP dan WH dalam penegakan jarimah khamar masih kurangnya keterampilan komunikasi personel, bahwa kegiatan melakukan jarimah khamar masi dilakukan adapun peran yang harus dilakukan yakni dengan meningkatkan kualitas personil Satpol PP dan WH terutama dalam meningkatkan pengawasan ekstra terhadap anak usia remaja dan pengawasan pada desa-desa terpencil serta tempat-tempat yang rawan. Peran Satpol PP dan WH dalam Implementasi Qanun Jinayah untuk mengatasi khamar di Aceh Tengah masih belum efektif, belum ada peraturan daerah yang memperkuat menegakkah Syari’at Islam untuk mengatasi jarimah Khamar, sehingga adanya masyarakat yang melakukan pelanggaran tersebut. Perlu adanya sosialisasi terhadap Qanun Jinayah dalam meningkatkan pemahaman masyarakat serta penambahan fasilitas guna pembinaan perlu penambahan pada tempat yang layak, nyaman, dan kondusif. Faktor yang terlibat dalam khamar seperti faktor lingkungan,faktor keluarga, faktor agama karena minimnya ilmu agama, penanganan sebaikanya dilakukan pemerintah setempat kepada masyarakat agar berhenti untuk mengomsumsi khamar, sehingga masyarakat dan Satpol PP dan WH berperan aktif untuk menyadarkan dan diperlukan bantuan seperti tokoh pemuda, orang tua, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, agar tidak terjadi lagi kasus-kasus serupa di Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Humaira Sartika Humaira
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:47
Last Modified: 08 Dec 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24551

Actions (login required)

View Item
View Item