Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Statistika

Eli Santika, 170205026 (2022) Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Statistika. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Statistika] Text (Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Statistika)
Eli Santika, 170205026, FTK, PMA, 082370559292.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Analisis kesalahan penelitian ini menyelelidiki jenis kesalahan menyelesaikan soal statistika. Kurikulum 2013 materi statistika sudah diberikan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian bertujuan mendeskripsikan: Jenis kesalahan dan penyebab siswa menyelesaikan soal statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Banda Aceh. Pengumpulan data dengan teknik tes, wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian: (1) Subjek PA, melakukan tiga jenis kesalahan. Belum memahami konsep median, tidak menuliskan defenisi modus. Kesalahan prinsip, tidak menuliskan rumus, karena tidak mengetahui rumus yang dipakai. Kesalahan prosedur, kurang teliti perhitungan jawaban akhir karena kebiasaan ketika sudah memperoleh jawaban tidak mengecekan kembali. (2) Subjek SN, melakukan tiga jenis kesalahan. Belum memahami konsep menentukan nilai rata-rata, median, modus sehingga tidak menyelesaikan soal, tidak menuliskan defenisi modus. Kesalahan prinsip, tidak memperhatikan prasyarat menggunakan rumus karena lupa bagaimana mengerjakan soal. Kesalahan prosedur, salah perhitungan jawaban akhir karena kebingungan menyelesaikan soal. (3) Subjek VA, melakukan tiga jenis kesalahan. Tidak memahami konsep median, tidak menuliskan defenisi modus. Kesalahan prinsip, kesalahan menggunakan rumus sehingga jawaban didapat bukan penyelesaian dimaksud, karena subjek lupa dan belum memahami materi lebih jauh. Kesalahan prosedur, salah proses perhitungan jawaban akhir dikarenakan subjek tidak menyelesaikan soal hingga selesai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Eli Santika
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:05
Last Modified: 08 Dec 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24555

Actions (login required)

View Item
View Item