Kebijakan Pemerintah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kota Banda Aceh

Muhammad, 28162491 (2021) Kebijakan Pemerintah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kebijakan Pemerintah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kota Banda Aceh] Text (Kebijakan Pemerintah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kota Banda Aceh)
Muhammad, 28162491, PPS, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penerapan kebijakan ekonomi syariah menjadi hak dasar dalam mewujudkan nilai-nilai keadilan sebagai upaya menjalankan kebijakan ekonomi Indonesia. Penelitian ini, didasarkan pada permasalahan Bagaimana penerapan kebijakan Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kota Banda Aceh dan Kendala apa saja yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mendukung pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses penerapan kebijakan Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Pemerintah dalam mendukung pertumbuhan Ekonomi Syariah di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif untuk menjawab permasalahan menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh sudah mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Kota Banda Aceh dengan melahirkan Qanun Nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Pemerintah Kota Banda Aceh juga mendorong lembaga keuangan untuk mempersiapkan program-program dan kegiatan yang langsung berdampak pada pertumbuhan ekonomi syariah. Pemerintah kota Banda Aceh masih menemukan adanya perilaku perbankan syariah yang menggunakan standar perbankan konvensional, dan masih rendahnya kesadaran masyarakat Kota Banda Aceh untuk beralih kepada konsep perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:10
Last Modified: 08 Dec 2022 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24560

Actions (login required)

View Item
View Item