Analisis Kemampuan Kognitif melalui Kegiatan Mengenal Bentuk dan Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun

Syarifah Wirna, 150210093 (2022) Analisis Kemampuan Kognitif melalui Kegiatan Mengenal Bentuk dan Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Kognitif melalui Kegiatan  mengenal Bentuk dan Warna pada Anak Usia 4-5  Tahun] Text (Analisis Kemampuan Kognitif melalui Kegiatan mengenal Bentuk dan Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun)
Syarifah Wirna, 150210093, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan berpikir secara logis, berpikir kritis, dapat memberikan alasan mampu memusatkan dalam memecahkan kemampuan kognitif anak bisa terbilang masih kurang, sebagian anak-anak bosan dalam kegiatan yang ada pada PAUD tersebut. Kegiatan yang dilakukan sehari-hari merupakan kegiatan mengenal huruf A-Z. Dengan begitu anak-anak terlalu sering dengan kegiatan bermain balok dan memasak dengan menggunakan media yang ada di PAUD tersebut. Berdasarkan pengamatan peneliti di PAUD Generasi Nanggroe, kemampuan kognitif anak masih belum mampu mengelompokkan berdasarkan bentuk dan warna, anak belum mampu mengenalkan bentuk benda dari warna, anak mampu mengurutkan bentuk dan warna, anak mampu mengklasifikasi bentuk benda berdasarkan warna. Penelitian yang dilakukan ini untuk menganalisis lebih lanjut tentang kemampuan kognitif melalui kegiatan mengenal bentuk warna pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Generasi Nanggroe limpok Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus, dengan jumlah subjek 4 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil pengolahan data ditemukan bahwa dari 4 anak sebagian belum berkembang (BB) dan sebagian mulai berkembang (MB). Dari hasil wawancara juga ditemukan kendala Yang dihadapi oleh guru dalam menyampaikan kemampuan kognitif dan penyebab rendahnya kemampuan kognitif anak usia dini tidak hanya itu saja, peneliti juga menemukan mengenai upaya guru dalam mengatasi ketelambatan kemampuan kognitif anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Syarifah Wirna Syarifah
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:07
Last Modified: 09 Dec 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24561

Actions (login required)

View Item
View Item