Peningkatan Hasil Praktikum Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Menggunakan Software Electrical Control Techniques Simulator (EKTS)

Rizal Azizi, 170211058 (2022) Peningkatan Hasil Praktikum Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Menggunakan Software Electrical Control Techniques Simulator (EKTS). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Software Electrical Control Techniques Simulator] Text (Software Electrical Control Techniques Simulator)
Rizal Azizi, 170211058, FTK, PTE, 082228914904.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Dunia pendidikan saat ini semakin berkembang terutama pada perkembangan teknologi perangkat lunak sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran sangat baik untuk siswa dapat memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran, SMK Negeri 1 Aceh Barat Daya merupakan salah satu jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan, pada kelas XI TITL peserta didik banyak sekali mengalami kesulitan dalam mempelajari ilmu Instalasi Motor Listrik hal tersebut dikarnakan kekurangan media pembelajaran dan banyaknya terjadi kerusakan alat praktikum hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami dalam pembelajaran teori. Upaya yang dapat dilakukan pada pembelajaran instalasi motor listrik adalah dengan melakukan penerapan Media pembelajaran menggunakan software Electrical Control Techniques Simulator yang merupakan simulator. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam praktik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan dua kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa, dan kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Analisis data dilakukan untuk melihat respon dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan hasil tes belajar siswa kelas eksperimen sangat memuaskan dibandingkan kelas kontrol dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen 84,44 dan kelas kontrol 45,2. Sedangkan untuk respon siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media Software EKTS menunjukan kriteria penilaian dalam kategori sangat baik diperoleh nilai persentase 81%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rizal Azizi Rizal
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:38
Last Modified: 09 Dec 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24569

Actions (login required)

View Item
View Item