Pengembangan LKPD Berbasis Model Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MAN 1 Langsa

Siti Fatimah Zuhra, 180202102 (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Model Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MAN 1 Langsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Model Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MAN 1 Langsa] Text (Pengembangan LKPD Berbasis Model Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MAN 1 Langsa)
Siti Fatimah Zuhra, 180202102, FTK, PBA, 082362021459.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap LKPD. Langkah-langkah penelitian mengikuti langkah yang disajikan oleh sugiyono. Metode Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket, wawancara dan dokumentasi. metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dalam Pembelajaran Bahasa Arab terdiri dari 10 langkah: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk akhir, dan produk LKPD berbasis model contextual teaching and learning. Hasil validasi tim ahli menunjukkan bahwa validasi ahli konten terdapat dua penilaian yaitu aspek isi memperoleh hasil 95% dengan kriteria sangat layak dan aspek bahasa memperoleh hasil 83% dengan kriteria sangat layak. Validasi ahli model memperoleh hasil 100% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan validasi ahli desain memperoleh hasil 100% dengan kriteria sangat layak. Sehingga pengembangan LKPD berbasis model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran bahasa arab sangat layak digunakan. Respon guru memperoleh hasil validasi 99,56% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil respon peserta didik kelompok kecil memperoleh hasil 98,67% dengan kriteria sangat tinggi dan respon peserta didik kelompok besar memperoleh hasil 100% dengan kriteria sangat tinggi. Sehingga penggunaan LKPD dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab dan memudahkan peserta didik memahami materi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Fatimah Zuhra
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:49
Last Modified: 09 Dec 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24577

Actions (login required)

View Item
View Item