Pengembangan Kalkulator Termokimia Berbasis Android Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya

Nurul Ridha Fatta, 180208060 (2022) Pengembangan Kalkulator Termokimia Berbasis Android Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Other thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Pengembangan Kalkulator Termokimia Berbasis Android    Di  SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya] Text (Pengembangan Kalkulator Termokimia Berbasis Android Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya)
Nurul Ridha Fatta, 180208060, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik kelas XI Mia2 sebanyak 20 siswa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar menunjukkan bahwa para peserta didik mengalami kesulitan memahami konsep termokimia. Hal itu dapat dilihat dari hasil wawancara dengan guru dan peserta didik. Maka dilihat dari hasil wawancara magang III/PPL pemahaman peserta didik terhadap materi termokimia hanya berada pada tingkatan simbolik saja. Dengan pembelajaran berbasis kalkulator pada materi termokimia diharapkan dapat menambah kemampuan berpikir peserta didik dalam menyelesaikan dan menganalisis jawaban dari suatu permasalahan. Kalkulator adalah alat yang sangat mudah digunakan dikarenakan tidak memerlukan komputer. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan Kalkulator Termokimia Berbasis Android di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Rancangan penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Mia2 sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik validasi, dan angket. Data validasi, dan angket dianalisis memakai rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kalkulator termokimia berbasis android di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya sangat layak untuk digunakan, hal ini diketahui dari persentase rata-rata validasi dari 2 validator sebesar 87,5% serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik maupun guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kalkulator termokimia berbasis android dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi termokimia disekolah SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurul Ridha Fatta Ridha
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:55
Last Modified: 09 Dec 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24584

Actions (login required)

View Item
View Item