Penggunaan Model Mind Mapping dan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri Lamreung Aceh Besar

Humairah, 170209015 (2022) Penggunaan Model Mind Mapping dan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri Lamreung Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Mind Mapping dan Media Flash Card] Text (Model Mind Mapping dan Media Flash Card)
Humairah, 170209015, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri Lamreung Aceh Besar diketahui bahwa sebagian siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 69. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping dan media flash card pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri Lamreung Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan deskripsif kualitatif. Hasil yang diperoleh memperlihatkan aktivitas guru di siklus I yaitu 78,44 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 91,37 (baik sekali). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 73,27 (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 88,79 (baik sekali). Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 65,21% (cukup) dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 82,60% (baik sekali). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model mind mapping dan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Humairah Mai
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:57
Last Modified: 09 Dec 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24585

Actions (login required)

View Item
View Item