Analisis Dakwah Pada Film Di Bawah Lindungan Ka’bah 2011 Karya Hanny R. Saputra

Nura Mulfida Ulya, 180401064 (2022) Analisis Dakwah Pada Film Di Bawah Lindungan Ka’bah 2011 Karya Hanny R. Saputra. Other thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Dakwah Pada Film Di Bawah Lindungan Ka’bah 2011 Karya Hanny R. Saputra] Text (Analisis Dakwah Pada Film Di Bawah Lindungan Ka’bah 2011 Karya Hanny R. Saputra)
Nura Mulfida Ulya, 180401064, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Film di Bawah Lindungan Ka’bah ini adalah sebuah film kisah percintaan antara Hamid dan Zainab yang berbeda kelas sosial dan di dalamnya juga terdapat pesan dakwah yang dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang disampaikannya melalui film tersebut yang dianalisis melalui film di Bawah Lindungan Ka’bah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu film merupakan salah satu media dakwah pada era saat sekarang ini, perkara dakwah tidak hanya berdiri di depan podium/mimbar tetapi dakwah juga tersampaikan melalui film baik itu film religi maupun non religi. Pesan dakwah yang disampaikan oleh film tersebut dalam prinsip akidah, syariah, dan akhlak. Adapun pesan dakwah yan disampaikan melalui dari segi dialog antar tokoh (ucapan), perkataan, properti, dan sinopsis. Adapun media dakwah yang digunakan yaitu lisan, akhlak (Perbuatan), dan audio visual, dan adapun metode dakwah yang digunakan yaitu metode Al-Mujadalah bi Al-Lati Hiya Ahsab, dan metodde Al-Mauidzah Al-Hasanah. Film ini dikemas dalam bentuk sederhana yang masih menampakkan layar dan situasi lokasi pada zaman dahulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nura Mulfida Ulya Nura
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:06
Last Modified: 09 Dec 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24591

Actions (login required)

View Item
View Item