Kinerja Aparatur Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

Sarah Nadia, 170802021 (2022) Kinerja Aparatur Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat. Other thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Kinerja Aparatur Gampong Lamteh Kecamatan  Ulee Kareng Dalam Memberikan  Pelayanan Kepada Masyarakat] Text (Kinerja Aparatur Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat)
Sarah Nadia, 170802021, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Aparatur Gampong adalah sebagai aktor utama yang berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan gampong, kinerjanya sangat menentukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Aparatur gampong diharapkan memiliki kualitas kinerja yang baik serta memiliki tanggung jawab dan koordinasi yang baik untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik menyebutkan bahwa pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Pelayanan publik merupakan unsur yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan karena menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas termasuk tingkat gampong. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja aparatur gampong serta bagaimana upaya pemerintah gampong dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja aparatur gampong Lamteh dalam hal tanggung jawab sudah sesuai dengan tugas dan fungsi, dan sudah berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat serta upaya Pemerintah Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sudah dikategorikan baik, salah satunya seperti dalam penyediaan fasilitas dan memberikan rasa aman, rasa percaya serta peduli terhadap masyarakat, akan tetapi masih ada upaya yang harus dilakukan salah satunya seperti melakukan pelatihan kepada aparatur yang masih belum terampil dalam penggunaa komputer. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja aparatur Gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah bertanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsi dan sudah berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sarah Nadia Sarah
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:14
Last Modified: 09 Dec 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24594

Actions (login required)

View Item
View Item