Peningkatan Pelayanan Pencatatan Sipil Pada UPTD Wilayah II Disdukcapil Aceh Besar

Devi Safrina, 170802035 (2022) Peningkatan Pelayanan Pencatatan Sipil Pada UPTD Wilayah II Disdukcapil Aceh Besar. Other thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Peningkatan Pelayanan Pencatatan Sipil Pada UPTD Wilayah Ii Disdukcapil Aceh Besar] Text (Peningkatan Pelayanan Pencatatan Sipil Pada UPTD Wilayah Ii Disdukcapil Aceh Besar)
Devi Safrina, 170802035, FISIP, IAN, 081265357707.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

pentingnya melakukan pembaharuan data. Akan tetapi disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk pembaharuan data sehingga membuat sistem kerja Database tidak berjalan. Yang meninggal harus dilakukan pembaharuan data untuk di keluarkan dari KK dan yang lahir harus di data identitasnya agar dapat dimasukkan ke dalam KK. Permasalahan lain masyarakat masih kurang paham terhadap persyaratan pengurusan administrasi, akibatnya masyarakat harus berbolak-balik dalam mengurus berkas persyaratan yang harus dipenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Prosedur Pelayanan Pencatatan Sipil di UPTD Wilayah II Disdukcapil Aceh Besar dan untuk mengetahui bagaimana Strategi Peningkatan Pelayanan Pencatatan Sipil di UPTD Wilayah II Disdukcapil Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UPTD Wilayah II Disdukcapil Aceh Besar menyangkut pemberian Pembinaan dan pengawasan telah dilaksanakan berdasarkan ketetapan Prosedur yang diberlakukan sehingga mendukung kelancaran pegawai dalam melayani keperluan masyarakat sudah sangat optimal dengan adanya prosedur pelayanan administrasi kependudukan. Namun menyangkut strategi dalam pelayanan publik juga sangat optimal karena didukung dengan adanya dana dari pemerintah dan sarana yang sangat memadai kelancaran pekerjaan. Akan tetapi pelayanan administratif sudah ditegaskan bahwa tidak adanya pemungutan biaya terhadap jasa yang diberikan. Dan tidak adanya tindakan administratif yang berlaku di UPTD Wilayah II, Karena pembaharuan data berdasarkan kesadaran masyarakat. Sehingga pada penelitian ini disimpulkan bahwa Peningkatan Pelayanan Pencatatan Sipil Pada UPTD Wilayah II Disdukcapil Aceh Besar telah terlaksanakan dengan baik yang ditinjau dari Prosedur dan strategi yang diberlakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Devi Safrina
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:14
Last Modified: 09 Dec 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24596

Actions (login required)

View Item
View Item