Sinergitas Antar Lembaga Dalam Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Nadia Ulfa, 170802060 (2022) Sinergitas Antar Lembaga Dalam Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Other thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Sinergitas Antar Lembaga Dalam Pengelolaan Sampah  Di  Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh] Text (Sinergitas Antar Lembaga Dalam Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)
Nadia Ulfa, 170802044, FISIP, IAN, 081263806410.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Sinergitas adalah suatu kerjasama yang dapat mewujudkan suatu keinginan dengan cara berkomunikasi dan harus berkoordinasi dengan baik antar anggota satu sama lain agar dapat terwujudnya suatu tujuan. Pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan, menjaga kesehatan masyarakat, dan menjadikan sampah sebagai sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sinergitas antar lembaga dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Syiah Kota Banda Aceh, bagaimana mekanisme pengelolaan sampah yang terdapat di Kecamatan Syiah Kuala, dan bagaimana dukungan dan hambatan dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, sinergitas antar lembaga dalam pengelolaan sampah yang terdapat di Kecamatan Syiah Kuala pada beberapa titik Gampong belum berjalan dengan baik contohnya di Gampong Kopelma Darussalam, Gampong Rukoh, Gampong Alue Naga, masih belum ada pengambilan sampah ke rumah warga. Mekanisme pengelolaan sampah dilakukan dengan pembatasan timbunan sampah dengan menggunakan pembatasan penggunaan kantong plastik di supermarket, swalayan, mall, toko, dan tempat lainnya, melakukan pemilahan sampah, sampah dipilah di TPA, sampah organik itu jadikan pupuk kompos, sampah plastik dijadikan bahan kerajinan tangan untuk dijual. Dukungan dan hambatan dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh ialah dukungan adanya regulasi pengelolaan sampah yaitu Kota Banda Aceh Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah Kota Banda Aceh dan adanya anggaran, hambatan karena sumber daya belum terpenuhi. Kesimpulan dari penelitian adalah sinergitas antar lembaga dalam pengelolaan sampah yang terdapat di Kecamatan Syiah Kuala Kuala masih belum berjalan dengan baik karena di Kopelma Darussalam, Gampong Rukoh, Gampong Alue Naga masih belum ada pengambilan sampah kerumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nadia Ulfa
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:14
Last Modified: 09 Dec 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24597

Actions (login required)

View Item
View Item